Selasa, 23 April 2013

REFLEKSI ALPRO : MINGGU KE TUJUH

Akhirnya sampai pada minggu ketujuh perkuliahan, yaitu minggu terakhir sebelum UTS. Alpro di minggu ketujuh ini seperti yang di janjikan akan di adakan kuis yang ke-2 oleh pak Wahyu dan materi nya tentang Rekursif. Setelah perkuliahan di mulai pak Wahyu mempersilahkan kami untuk mempersiapkan segala sesuatu nya dari menyalakan laptop sampai persiapan sign in ke email dan membuat draft pesan agar langsung upload jawaban kuis lalu tekan kirim. Kuis pun di mulai dan kasus nya ialah membuat flowchart yang menampilkan angka ganjil antara m-n yang di inputkan. Setelah mengerjakan ada beberapa masalah yang aku dapatkan seperti laptop ku yang aplikasi raptor nya not responding sehingga sedikit terhambat dalam mengerjakan dan Alhamdulillah aku selesai mengerjakan nya dan berhasil mengirim ke pak Wahyu sebelum waktu yang di berikan berkahir. Ini flowchart dari kuis tersebut : 
Flowchart main :

Flowchart rekursif cek :
Flowchart rekursif rek :
Penjelasan flowchart:
Saya akan menjelaskan sedikit kenapa flowchart di atas menggunakan dua rekursif. Menurut pandangan saya, setelah melihat kasus yang di berikan pak Wahyu yaitu cetak bilangan ganjil dari bilangan M ke N. Nah saya pun beranggapan apabila cetak bilangan ganjil dari M ke N artinya bilangan M harus lebih kecil dari bilangan N karena dari soal yaitu "BILANGAN DARI M KE N", maka nya saya membuat rekursif pengecekkan bilangan yang di inputkan yaitu M dan N yang apabila di inputkan M  lebih besar dari N maka dia akan terus berulang meminta nilai M yang di inputkan harus lebih kecil dari N dan apabila itu telah terpenuhi maka perulangan akan berhenti dan melanjutkan proses selanjutnya yaitu masuk ke rekursif cetak bilangan ganjil. nah cukup sampai disini penjelasan dari flowchart kuis di minggu ini. 

Setelah kuis berkahir, kami pun melanjutkan perkuliahan dan masuk ke materi selanjutnya yaitu Array. Array merupakan struktur data yang bertipe data yang sama dan menurut bacaan yang aku baca di diktat Alpro Array adalah sekelompok memori yang berhubungan dan arry mempunyai nama dan type yang sama. 

Untuk materi array akan di lanjutkan di minggu pertama setelah UTS sehingga pak Wahyu memberi perintah untuk mulai mempelajari Array di rumah sebelum perkuliahan ke delapan. 

Oke, sekian dari saya, salah khilaf mohon maaf dan tak lupa pula saya katakan semoga bermanfaat :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar