Senin, 22 April 2013

REFLEKSI ALPRO : MINGGU KE ENAM

Tak terasa, kuliah Alpro sampai di minggu ke enam dan sebentar lagi akan dilaksanakan Ujian Tengah Semester. Semoga saja nanti kami semua dapat melalui nya dengan lancar, Aamiin. Oke, langsng kemateri yang di bahas minggu ini yaitu tentang Rekursif. Rekursif juga merupakan perulangan, namun rekursif sangat berbeda dengan perulangan interaktif seperti for,while, dan do while. Kenapa sangat berbeda? Karena di lihat dari nama saja sudah berbeda wong beda ayah sama ibu kok (loh kok aku malah ngaur!haha (maaf cuman bercanda,hehe)). Bedanya adalah kalau perulangan rekursif ialah perulangan yang menggunakan function atau procedure untuk memanggil dirinya sendiri sehingga akan mengalami perulangan. Agar pembaca bisa lebih cepat paham apa itu rekursif dan bagaimana cara kerjanya, langsung ke contoh rekursif aja. 
Contoh-nya saya ambil tentang menghitung faktorial nih, cekidot :



Flowchart yang kiri adalah flowchart untuk flowchart main dan yang di sebelah kanan adalah flowchart function nya. Nah di flowchart function ini lah perulangan rekusif nya dan rekursif di atas termasuk rekursif "GOING UP" yang artinya adalah parameter i berjalan naik yaitu dari setiap perulangan nilai i akan bertambah. Sehingga rekursif di atas akan berhenti ketika i sudah bernilai lebih dari n.

Begitu lah cara kerja rekursif, sekian dari saya. Apabila ada kekurangan mohon di maafkan dan tak lupa pula saya katakan semoga bermanfaat. Sekian :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar