Selasa, 19 Maret 2013

REFLEKSI ALPRO : MINGGU PERTAMA (MEET 01)

Di lihat dari judul di atas (Refleksi Alpro), jujur saja baru kali ini aku menemui mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa nya untuk membuat refleksi dari kuliah hari itu karena semua mata kuliah yang aku dapat di semester 1 tidak pernah ada yang seperti ini. Menurut ku ini merupakan sesuatu yang langka, sehingga kita yang mendapatkannya harus mensyukuri itu (Alhamdulillah). Mata kuliah ini di nahkodai oleh seorang dosen di kampus ku(Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta) yaitu Drs. Wahyu Pujiyono, M. Kom. Atau kami biasa memanggil beliau dengan sebutan pak Wahyu. 

Hari pertama kuliah, yaitu pada hari senin, 4 Maret 2013, tepat nya pukul 07.00 AM aku cukup terkesan karena pak Wahyu sangat tepat waktu sehingga beliau dapat dibilang datang lebih duluan dari mahasiswa nya jujur hari itu aku kalah sama beliau karena beliau datang lebih dulu dari aku(semoga minggu kedepannya aku dapat mengalahkan pak wahyu datang lebih cepat, aku harus berangkat jam 6 pagi,haha). Pagi itu, pak Wahyu memulai perkuliahan dengan perkenalan, kemudian dilanjutkan dengan Kontrak Belajar. Kemudian beliau menyampaikan semua tentang perkuliahan dari peraturan perkuliahan hingga apa-apa yang harus
dilakukan mahasiswa di perkuliahan tersebut. Kemudian, beliau menjelaskan bahwa nanti akan ada TP atau Tugas Proyek yang dikerjakan berkelompok anggota max 3 orang dan di mentori seorang Kakak kelas. Kelompok tersebut tidak hanya untuk mengerjakan TP, tetapi juga sebagai kelompok diskusi sehingga di setiap minggu nya kita akan melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah tentang Algoritma. Kelompok ku  beranggotakan 3 orang termasuk aku yaitu :

1. Prayitno
2. Faozi Septikhtiarif
3. Dan aku sendiri, Adi Alamsyah
        Dengan Di mentori oleh : Iman Fadlian.

Mengawali perkuliahan, pak Wahyu menjelaskan sedikit apa itu Algoritma Pemrograman, kemudian penjelasan pak Wahyu yang aku tangkap bahwa Algoritma Pemrograman merupakan suatu gabungan antara sebuah alur pemikiran dan teknik melakukan pemrograman.

Oh iya, di minggu pertama ini aku cukup kesulitan untuk menangkap semua tugas yang di berikan oleh pak Wahyu, aku hanya mampu menyerap beberapa tugas yang menurut ku cukup jelas. Padahal aku sudah sangat berusaha mendengarkan semua yang di bicarakan oleh beliau, namun aku masih tetap bingung dengan tugas-tugas yang di berikan oleh beliau mungkin ini karena beliau sangat cepat dalam berbicara tentang tugas-tugas saat itu dan mungkin karena beliau kadang-kadang berbahasa Jawa (Kan aku orang kalimantan sehingga kurang ngerti bahasa Jawa(Maklum masih belajar bahasa jawa)) sehingga aku harus menanyakannya kepada teman-teman ku tentang tugas-tugas yang kurang jelas aku dengar.

Saran/Kritik untuk pak Dosen: 
Untuk pak dosen, cara mengajar nya menurut saya bagus karena kayak ada sedikit memaksa Mahasiswa nya untuk lebih rajin dalam belajar dan dalam mengerjakan tugas. Hehe :-D

Dan satu lagi Pak, mungkinkah Bapak bisa setiap minggu nya untuk memposting tentang Tugas-tugas yang Bapak berikan kepada kami pada minggu tersebut, sehingga saya ataupun teman-teman bisa tahu atau paham dengan jelas tentang apa saja tugas yang bapak berikan dan kami dapat sedikit lebih mudah mengerjakan tugas tersebut dan sesuai dengan apa yang Bapak inginkan.

Sekian dari saya, mohon maaf yang sedalam-dalamnya bilamana ada pengunjung yang merasa tersinggung dengan postingan saya ini karena sesungguhnya saya tidak bermaksud menyinggung hati para pembaca.
Semoga Bermanfaat :-D  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar