Kamis, 21 Maret 2013

REFLEKSI ALPRO : MINGGU KEDUA (MEET 02)


Minggu kedua mata kuliah Alpro masuk ke materi selanjutya yaitu “Sekuen”. Kita orang yang awam pasti bertanya-tanya,”Apa itu sekuen? Maksudnya sekuen apa?”. Nah, di kulih ini dosen memulai dengan bertanya kepada mahasiswa, “Coba kalian sebutkan langkah-langkah ketika kalian mau makan?”. Jadi, kami pun para mahasiswa mulai berpikir, salah satunya aku, aku pun mulai berpikir(ya iyalah kan aku juga mahasiswa mata kuliah ALPRO, haha). Aku pun mulai berpikir, “Langkah-langkah mau makan ya? Ya pertama-tama saat aku merasa lapar, aku akan mengambil piring, kemudian aku mengambil nasi dilanjutkan dengan mengambil lauk makan, dan kemudian memakan nya”, itu yang ada dipikiranku. Kemudian pak
Wahyu menjelaskan dengan menyebutkan satu persatu langkah-langkah ketika mau makan, yaitu :
  1. Ambil piring
  2. Ambil nasi
  3. Ambil lauk
  4. Ambil sayur
  5. Makan
  6. Minum 
  7. Selesai

Nah, kemudian beliau menjelaskan langkah-langkah di atas, lalu  beliau bertanya kembali kepada kami,”Bagaimana kalau urutan dari langkah mengambil nasi sampai mengambil sayur di balik?”. Nah, kami pun baru sadar, kalau urutan itu bisa di balik menjadi Ambil piring, ambil sayur, ambil lauk, ambil nasi, kemudian ambil lauk lagi(biar lauk nya dapat dua, hahaha) bercanda, kemudian makan, lalu minum, dan selesai. Pak Wahyu menjelaskan bahwa kedua lengkah-langkah tersebut dapat terjadi, namun akan mempunyai makna yang berbeda. Tapi, ada beberapa langkah-langkah yang ada di kehidupan sehari-hari yang tidak bisa di bolak-balik, kayak urutan langkah-langkah kita menyikat gigi. Tidak mungkin kita lebih dulu menyikat gigi baru kemudian mengambil pasta gigi. Sehingga ada beberapa langkah-langkah yang bisa di balik namun juga ada yang tidak bisa. Sehingga yang dapat saya tangkap di kuliah ini bahwa “Sekuen itu ialah urutan penyataan-pernyataan yang runtut dan di eksekusi dari urutan pertama yang di temukan sampai urutan yang terakhir, dan apabila urutan-urutan bisa di balik maka akan menghasilkan makna yang berbeda”.
Di pertemuan ini ada beberapa tugas menyelesaikan permasalahan algoritma salah satu nya yaitu kasus 2.6 :

Masalah :
Setiap bilangan bulat selalu bisa ditulis dalam bentuk :  m = q.n + r

Analisis :
  • Input : n dan m (n < m), 
  • Proses : Kuosen q menggunakan / (asal kedua operan integer), sedangkan r dapat diperoleh dengan         menggunakan operator %.
  • Output : q dan r (disusun seperti yang diminta)

Dan Berikut Flowchart nya :












Dan ada beberapa masalah lain nya, yaitu :

    
Saran atau Kritik minggu ini :
  • Saya rasa minggu ini pembelajaran berjalan dengan lancar dan sangat baik.
    Sekian dari saya. Mohon maaf apabila ada kekurangan dari penulisan ini dan saya sangat membutuhkan
    kritik atau saran dari pembaca. :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar