Selasa, 04 Maret 2014

Refleksi Perkuliahan Basis Data Minggu ke – 1

Di Minggu pertama perkuliahan Semester Genap tahun 2013/2014, Mata kuliah Basis Data di ampu oleh Bu Dewi Soyusiawaty, S.T., M.T . Di awal perkuliahan, Bu Dewi menyampaikan kontrak belajar di kelas saya yaitu kelas B. Kontrak belajar yang disampaikan bu Dewi, diantaranya :
Pertama, Jika sakit dan tidak bisa hadir ke perkuliahan basis data, surat sakit maksimal satu hari setelah perkuliahan sudah harus disampaikan ke dosen.

Kedua, Toleransi keterlambatan Maksimal 30 menit.

Ketiga, Setiap mahasiswa wajib membuat refleksi perkuliahan setiap minggunya dan di posting di blog masing-masing.

Keempat, Materi minggu selanjutnya sudah harus dipelajari sebelum masuk perkuliahan minggu tersebut.

Setelah bu Dewi menyampaikan kontrak belajar tersebut, bu Dewi langsung masuk ke materi perkuliahan minggu pertama.  Di perkuliahan minggu pertama ini yang saya dapat dan yang dapat saya tangkap diantaranya :
Pertama, saya mendapat Gambaran dari Analogi konsep Basis Data  yang ada dalam kehidupan sehari-hari,  penerapannya dalam Informatika, dan pengolahan data di perusahaan, lembaga, dll.

Kedua, saya dapat membedakan antara Data dan Informasi. Data merupakan sebuah nilai-nilai yang belum di olah atau data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event). Sedangkan Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

Ketiga, saya  mengetahui apa itu Basis Data. Basis Data adalah suatu kumpulan data terhubung yang tersimpan secara bersama-sama pada suatu media, yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Keempat, saya mengetahui operasi basis data, seperti  :
      -          Create database
      -          Drop database
      -          Create table
      -          Drop table
      -          Insert
      -          Retrieve/search
      -          Delete
      -          Update

Sekian refleksi minggu pertama perkuliahan Basis Data dari saya, salah khilaf mohon dimaafkan, dan Semoga Bermanfaat :-D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar